Ganjal Mesin ATM Pakai Tusuk Gigi, Bandit Kuras Rp 72 Juta Uang Nasabah di Serang

oleh -16 views

Merdeka.com – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya meringkus dua pelaku pembobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) berinisial R dan EI di Serang, Sabtu (11/5). Modus dilakukan pelaku saat beraksi membantu calon korban mengalami kendala mengakses mesin ATM.

Wakil Direskrimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ari mengatakan, pelaku terlebih dahulu sudah mengganjal mesin ATM dengan tusuk gigi diselipkan di mulut akses kartu debet. Warga yang hendak mengambil uang di mesin ATM itu pun mengalami kendala.

“Bibir ATM itu diganjal dengan tusuk gigi kemudian cotton bud sehingga warga atau masyarakat yang mau melakukan transaksi mengalami kesulitan,” ujar Ade di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Sabtu (18/5).

Berdasarkan pengakuan tersangka, keduanya memiliki peran berbeda dalam melancarkan aksinya. EI berperan sebagai pengganjal mesin ATM sekaligus berpura-pura sebagai warga yang mengantri mesin tersebut.

Sementara R, berperan sebagai pihak bank yang akan membantu calon korban ketika menghadapi masalah mengakses mesin ATM. “Para tersangka ini selalu melakukan aksinya secara bersama-sama minimal 3 orang,” ujar dia.

Situasi panik oleh korban dimanfaatkan pelaku dengan mengarahkan untuk segera menghubungi call center bank penyedia ATM.

“Pelaku sudah memasang nomor yang sengaja mereka buat di sana. Jadi saat orang bank datang itu padahal sindikat mereka,” kata Ade.

Saat R, mengoperasikan mesin ATM tersebut, korban tidak menyadari kartu yang diselamatkan petugas bank gadungan tersebut bukan kartu miliknya. Setelah korban pergi, kata Ade, pelaku langsung menarik tunai uang yang ada di rekening korban hingga batas penarikan tunai.

“Korban yang melaporkan ini uangnya terkuras Rp 72 juta,” tandasnya.

Atas perbutannya EI dan R dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian. Polisi juga menetapkan status rekan pelaku berinisial RN ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). [gil]

SUMBER