Ceramah Tentang Puasa Ramadan dan Memaknai Ayat Alquran yang Menjelaskannya

oleh -6 views

Selain ceramah tentang puasa Ramadan, berikut ini juga ada penjelasan mengenai keistimewaan bulam Ramadan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Keistimewaan bulan Ramadan ini dijelaskan dalam ayat berikutnya, dan masih dalam surat Albaqarah yaitu ayat 185 sebagai berikut:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petuniuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan lalu ia berbuka) maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. QS. Al-Baqarah: 185

Dalam ayat di atas dijelaskan bahwa bulan Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa karena pada waktu bulan Ramadan Al diturunkan sebagai petunjuk bagi umat manusia di dunia.

Selain diturunkannya Alquran untuk umat manusia di dunia, pada bulan Ramadan juga banyak kejadian yang menjadikan bulan ini sangat istimewa bagi umat Islam. Berikut ini adalah beberapa keistimewaan bulan Ramadan bagi umat Islam.

1. Terbukanya pintu surga dan tertutupnya pintu neraka selama bulan Ramadan.

2. Adanya malam lailatul qadar yang jika kamu beribadah pada malam tersebut maka pahalanya lebih baik dari seribu bulan.

3. Bulan pengampun dosa.

4. Bulan di mana pahala bisa berlipat ganda kita dapatkan, dan masih banyak lagi.

Itu tadi ceramah tentang puasa Ramadan yang wajib dipahami oleh umat Islam.

SUMBER