Tekan Angka Kecelakaan Pelajar, Polres Blora Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas

oleh -39 views

Tekan Angka Kecelakaan Pelajar, Polres Blora Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas

Blora, 11/5 (BeritaJateng.net) – Satlantas dan Sat Binmas Polres Blora melaksanakan inovasi Program Polisi Blusukan Sekolah.  Selain untuk memberikan Pembinaan dan Penyuluhan kepada para siswa siswi, juga sebagai upaya memberikan wawasan sekaligus mendekatkan intitusi kepolisian dan berinteraksi langsung dengan para pelajar.

Seperti yang dilakukan hari ini Sabtu (11/05) Personil Satgas Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2019 melaksanakan kegiatan sosialisasi tertib lalu lintas di SMAN 1 Jepon Kabupaten Blora.

Kasat Lantas Polres Blora AKP Edi S  menerangkan tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas dikalangan pelajar dan bahaya penyalahgunaan narkoba sekaligus mensosialisaikan untuk menekan tingginya angka kematian pelajar karena laka lantas.

“Pembunuh nomor tiga di Indonesia adalah kecelakaan karena kelalaian dalam berkendara dan dari data 80 persen didominasi usia pelajar, disusul dengan penyalahgunaan narkoba oleh karena itu kepolisian selalu berupaya memberikan wawasan kepada para pelajar sebagai upaya menurunkan tingginya angka kematian akibat kecelakaan serta narkoba dikalangan generasi penerus ini dapat kita tekan serendah mungkin,” papar AKP Edi.

Sekitar 100 pelajar dari kelas II SMA N 1 Jepon mengikuti sosialisasi Keselamatan berlalu lintas dengan antusias. Dengan ramah para petugas menjelaskan bagaimana tata cara berkendara yang baik dan akibat dari kecelakaan yang dapat merugikan diri.

Kegiatan yang bertujuan mengajak pelajar menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas tersebut, agar para pelajar yang berusia muda ini taat dan patuh dengan peraturan lalu lintas guna menjamin keselamatan dalam berkendara di jalan raya.

“Kami juga mengimbau kepada orangtua, supaya tidak membiarkan anaknya yang masih dibawah umur untuk berkendara,” kata Kasat Lantas.

Sementara kepala sekolah SMAN 1 Jepon mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan kepolisian  ini.

“Kami pihak sekolah sangat berterima kasih kepada kepolisian yang ikut serta dalam memberikan bimbingan dan wawasan kepada pelajar, setidaknya nantinya mereka bisa menjadi Polisi bagi diri mereka sendiri. Bisa membedakan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan,” pungkasnya.

“Kegiatan ini bagus untuk membentuk mental kepribadian siswa menjadi lebih baik juga lebih dekat dengan polisi, tidak merasa takut lagi dengan polisi sebagai Mitra masyarakat dan Mitra dari para kalangan pelajar dan remaja,” tutupnya. (El)

SUMBER