Jokowi Berjaya, Kekuatan PDIP di DPRD Solo Hampir Dua Pertiga

oleh -62 views

jpnn.com, SOLO – Kekuatan PDI Perjuangan (PDIP) di DPRD Kota Surakarta pada periode jabatan 2019-2024 bakal makin besar. Partai berlambang banteng moncong putih itu diperkirakan bisa mendudukkan 29 wakilnya di DPRD Kota Surakarta.

Total kursi DPRD Kota Surakarta adalah 45. Jika PDIP mampu meloloskan 29 kadernya ke DPRD Kota Surakarta, berarti partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu punya kekuatan hampir dua pertiga di lembaga legislatif setempat.

Sekretaris DPC PDIP Solo Teguh Prakosa mengatakan, perolehan suara partainya setiap daerah pemilihan (dapil) naik signifikan. Sebagai contoh di daerah pemilihan (dapil) Solo VI yang meliputi Kecamatan Jebres, kenaikannya mencapai 10 ribu suara dibandingkan pemilu sebelumnya.

Baca juga: LSI Denny JA: PDIP Kuasai 17 Provinsi, Termasuk Jakarta

“Sampai saat ini kami belum dapat mengeluarkan data lengkap, mengingat masih dalam proses rekapitulasi tim IT. Pagi tadi semua caleg saya telepon satu-satu, Jebres diprediksi bisa tambah dua hingga tiga kursi karena suaranya tambah 10 ribu,” kata Teguh Kamis (18/4).

Penambahan jumlah kursi diperkirakan juga terjadi di dapil lain. Seperti di dapil II (Banjarsari A), dapil III (Banjarsari B), dan dapil V (Serengan-Pasar Kliwon).

Kedigdayaan PDIP di Solo juga sejalan dengan suara Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin (Jokowi – Ma’ruf). Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo menyatakan, kemenangan Jokowi – Ma’ruf di kotanya di kisaran 80 persen.

Baca juga: Jokowi Baru Unggul Versi Quick Count, Wali Kota Solo Sudah Cukur Gundul

SUMBER