Ratusan Personel Amankan Ratna Sarumpaet dan Tahanan Nyoblos di Polda Metro Jaya

oleh -65 views

Merdeka.com – Ratusan personel amankan pencoblosan di Polda Metro Jaya. Pasalnya, ada 538 tahanan akan ikut menyuarakan aspirasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 kali ini.

“Kalau kita full anggota saya 103 orang full ada dari pengamanan ploting, dari anggota Krimsus juga ada, Brimob juga,” kata Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polda Metro Jaya AKBP Barnabas di rumah tahanan (Rutan) Direktorat Kriminal Khusus, Polda Metro Jaya, Rabu (17/4).

Selain dijaga oleh kepolisian, Tempat Pemungutan Suara (TPS) dijaga oleh petugas KPPS. Di mana ada dua TPS yang disediakan di Polda Metro Jaya.

“Untuk hari ini, semua sudah siap, petugas dan fasilitas untuk pemungutan suaranya sudah siap. Petugas sudah dapat pelatihan dari KPU, pelatihan simulasi dan sebagainya,” ujarnya.

“(TPS) Di dalam rutan Krimsus dan rutan narkoba,” sambung Barnabas.

Dalam hal ini, para tahanan termasuk Ratna Sarumpaet ikut melakukan pencoblosan. Mereka terlihat mengantre untuk ikut mencoblos dengan mengenakan baju warna orange.

Lebih lanjut Barnabas menegaskan, sengaja membuat TPS di dalam rutan bukan di halaman Polda Metro Jaya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Di luar repot, ini tahanan ya keamanannya, antisipasi keamanannya itu gitu,” pungkas Barnabas.

Sebelumnya, ratusan tahanan di Mapolda Metro Jaya akan menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019. Termasuk terdakwa kasus kebohongan Ratna Sarumpaet.

“Sebanyak 538 tahanan yang sudah terverifikasi oleh KPU. (Ratna) Iya juga terdata dan (tahanan) titipan KPK ada 2 orang dan keduanya terdaftar sebagai calon pemilih,” kata Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polda Metro Jaya, AKBP Barnabas, Selasa (16/4). [fik]

SUMBER