18 TPS di Depok Bertema Budaya dan Petugas Jemput Warga pakai Odong-Odong

oleh -62 views

Merdeka.com – Semarak Pemilu 2019 dirasakan oleh warga Depok, Jawa Barat. Mereka berlomba menghias tempat pemungutan suara (TPS) dengan menarik, untuk membangkitkan semangat warga yang memiliki hak suara. Salah satunya adalah di RW 3 Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok. Di sini menjadi Kampung Pemilu Nusantara karena TPS dibuat menarik dan petugas menggunakan atribut daerah.

Ketua pantia Kampung Pemilu Nusantara Syarifudin mengatakan, di sana ada delapan TPS. Seluruh TPS akan menampilkan aneka ragam kebudayaan yang ada di Indonesia.

“Di sini ada TPS 18 mengandung petani Jawa, TPS 19 Sumatera Barat, Padang, TPS 20 budaya Sunda, TPS 21 budaya Bali, TPS 22 budaya Batak, TPS 23 Budaya Melayu, TPS 24 budaya Betawi, dan TPS 25 budaya Batik Jawa,” katanya, Selasa (16/4).

Selain memperkenal budaya Nusantara di setiap TPS, para panitia menyediakan kendaraan odong-odong untuk menarik minat warga menggunakan hak pilihnya. Nantinya, odong-odong ini akan menjemput warga untuk bisa hadir ke TPS.

“Biar semarak dan ramai. Kita buat semenarik mungkin sehingga warga pun antusias,” paparnya.

Menurutnya, alasan pembentukan Kampung Pemilu Nusantara ini agar setiap warga bisa lebih menjalin silaturahmi. Karena di sini ada ada 11 RT yang di bawah lingkung RW 003.

“Alasanya kami membuat Kampung Pemilu Nusantara untuk bersilaturahmi dan berkumpul antarwarga. Jadi di 17 April harus senang dalam pesta demokrasi. Pesta takyat bertujuan memilih,” tukasnya.

Dana untuk membaut TPS tematik berasal dari swadaya masyarakat. Anggaran untuk membuat Kampung Pemilu adalah hasil saweran warga. Dia pun berharap, Kampung Pemilu Nusantara bisa meraup 100 persen suara atau lebih baik dari Pemilu 2014.

“Untuk anggaran persiapan pemilihan ini kami urunan, dan tidak ada anggaran dari APBD Depok,” pungkasnya. [cob]

SUMBER