4 Cara Mudah Penuhi Kebutuhan Zat Besi Anak

oleh -116 views

Jakarta, CNN Indonesia — Zat besi merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Zat besi berperan memindahkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. 

Kekurangan zat besi dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Kekurangan zat besi pada anak dapat terjadi pada beberapa tingkatan mulai dari kekurangan cadangan zat besi hingga menyebabkan anemia.

Anemia merupakan kondisi kekurangan sel darah merah. Jika dibiarkan, anemia dapat berakibat fatal.

Kebutuhan zat besi pada setiap anak berbeda-beda tergantung pada usia. Rata-rata anak membutuhkan 7-15 mg zat besi per hari.

Kekurangan zat besi biasanya ditandai dengan beberapa gejala misalnya kulit yang pucat, kelelahan, perkembangan melambat, nafsu makan memburuk, pernapasan tidak normal, dan sering infeksi.

Namun, tak perlu khawatir karena kekurangan zat besi pada anak sebenarnya dapat dicegah sejak dini. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah anak kekurangan zat besi.

1. Makanan kaya zat besi
Berikan asupan makanan yang mengandung zat besi tinggi untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian pada anak. Untuk anak usia 4-6 bulan, zat besi bisa didapatkan dari sereal bayi, daging yang sudah dihaluskan, dan kacang-kacangan.

Untuk anak yang lebih besar, sumber zat besi yang baik bisa didapatkan dari daging merah, ayam, ikan, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau gelap. 

2. Vitamin C
Dikutip dari situs kesehatan Mayo Clinic, kekurangan zat besi dapat dicegah dengan meningkatkan daya serap melalui asupan vitamin C. 

Vitamin C dapat membantu menyerap zat besi lebih banyak. Vitamin C ini bisa didapatkan dari buah jeruk, pepaya, stroberi, tomat, dan sayuran hijau.

3. Kurangi susu dan teh
Kurangi konsumsi susu, teh, dan kopi pada anak yang sudah memiliki tanda kekurangan zat gizi. Dikutip dari Better Health, konsumsi susu dan teh yang berlebihan dapat mengganggu penyerapan zat gizi pada anak.

Anak berusia 1-5 tahun disarankan untuk mengonsumsi susu tidak lebih dari 710 ml setiap harinya agar tidak mengganggu penyerapan zat besi.

4. Makanan sehat
Berikan asupan makanan padat pada anak dan pastikan anak tidak kenyang karena terlalu banyak minum. Atur pola konsumsi anak dengan makanan yang bersih, sehat, dan bergizi agar terhindar dari diare.

Diare dapat menghabiskan simpanan zat besi pada anak dan dapat berujung pada anemia. (ptj/chs)

SUMBER