Sekjen PSI: Haram Koalisi dengan PKS

oleh -145 views

JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyatakan tidak akan berkongsi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Bahkan Sekretaris Jenderal PSI, Raja Juli Antoni menyebut haram hukumnya bagi PSI berposisi dengan PKS.

Menurutnya sebagai partai nasionalis ideologis PSI tidak akan berkoalisi dengan PKS di seluruh pilkada gubernur, bupati dan walikota di seluruh Indonesia.

“Haram bagi PSI berkoalisi dengan PKS. PSI dan PKS ibarat air dan minyak yang tidak bisa disatukan. PSI percaya dengan demokrasi tidak boleh bekerjasama dengan PKS yang hanya menjadikan demokrasi sebagai alat untuk mendirikan pemerintahan Islam versi mereka,” katanya kepada wartawan, Selasa (9/4/2019).

Toni menerangkan meski perolehan elektoral PKS hanya sekitar 6%, tapi pengaruhnya dinilai semakin besar. Dia menyinggung kampanye terbuka Prabowo Subianto – Sandiaga Uno di SU GBK yang disebut disulap menjadi event agama yang eksklusif oleh PKS.

Lebih lanjut dia menandaskan berdasar data koalisi partai-partai di Pilkada, menurutnya  politik pragmatis nir-ideologis berorientasi kekuasaan belaka membuat partai-partai yang mengaku partai nasionalis tanpa beban berkoalisi dengan PKS.

“Oleh karena itu saya menghimbau semua partai nasionalis berikrar untuk tidak berkoalisi dengan PKS. Tapi saya ragu apakah partai-partai nasionalis senior mau menarik garis tegas seperti yang dilakukan PSI,” pungkas Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) ini. (ikbal/tri)


SUMBER