Balado Ikan Selar Goreng untuk Makan Siang di Libur Akhir Pekan

oleh -31 views

loading…

JAKARTA – Balado Ikan Selar Goreng menjadi pilihan tepat untuk dinikmati bersama keluarga di akhir pekan ini. Bumbu yang dihadirkan menghasilkan cita rasa pedas dan gurih yang membuat ikan selar menjadi masakan yang nikmat.

Untuk membuatnya, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 08.00 WIB. Berikut cara mengolahnya. (Baca juga: 2 Langkah Mudah Buat Bubur Kacang Hijau untuk Cemilan Anak).

Bahan 1:
800 g ikan selar dibersihkan, biarkan utuh dari kepala hingga ekor
1 sdm Desaku Ketumbar Bubuk
½ sdt Desaku Kunyit Bubuk
1 sdt garam
4 sdm air
600 ml minyak goreng, untuk menggoreng ikan

Bahan 2: (haluskan)
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
1 buah tomat

Bahan 3:
6 sdm minyak goreng
250 ml air
1 saset Desaku Bubuk Balado
1 sdt garam
1 sdm gula pasir

Cara Membuat:
Masukkan ketumbar bubuk, kunyit bubuk, garam dan air di dalam bowl, aduk bumbu marinasi ini hingga rata. Panaskan 600 ml minyak goreng. Goreng ikan selar hingga ¼ matang, tuangkan ½ bagian bumbu marinasi.

Setelah ikan ¾ matang, masukkan sisa bumbu marinasi. Goreng hingga minyak menjadi bening kembali. Angkat dan tiriskan.

Haluskan bahan 2. Panaskan 6 sdm minyak goreng, tumis bahan 2 hingga harum dan matang. Masukkan Desaku Bubuk Balado ke dalam gelas lalu tambahkan air, aduk hingga larut dan tuangkan ke dalam tumisan.

Aduk rata hingga larut dan mengembang, masak sampai air menyusut/ tanak. Masukkan garam dan gula, aduk hingga rata. Matikan api, letakan ikan di atas piring, siram dengan bumbu di atasnya. Sajikan selagi panas, selamat menikmati!

(tdy)

SUMBER