Cerita Saut ‘Disidang’ Gara-gara Berkemeja Lengan Pendek saat Konpers

oleh -49 views

JawaPos.com – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang bicara blak-blakan mengenai ketatnya pengawasan internal di lembaga antirasuah ini. Saut bercerita bahwa dirinya pernah dipanggil oleh pengawas internal KPK.

Perkara pemanggilan ini bukan terkait pelanggaran berat yang dilakukan oleh Saut, melainkan hanya karena menggenakan baju berlengan pendek ketika konferensi pers sebuah kasus. Namun, dia tak merinci kasus apa yang saat itu diumumkannya.

Saut menjelaskan pengawas internal (PI) di KPK, berani menegur pimpinan jika dinilai melanggar aturan. Saut menyebut dirinya pernah ‘disidang’ karena hadir di konferensi pers dengan kemeja lengan pendek.

“Saya kan pakai konferensi pers pakai batik pendek saja, saya dipanggil PI (Pengawas Internal) itu. ‘Pak Saut konferensi pers pakai batik lengan pendek’ gitu di KPK. Harus berani check and balances. Sampai begitu kita di KPK,” kata Saut, Jumat (15/3).

Jawaban itu terlontar dari Saut, ketika ditanya mengenai peran pengawasan internal di Kementerian PUPR terkait adanya 59 penjabat pembuat komitmen (PPK) proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang diduga menerima suap. Saut lantas menjawab tentang pengawas internal pemerintah secara umum sangat penting untuk pencegahan korupsi.

“Ini APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah) lagi dibahas, seperti apa mereka bisa melakukan check and balances di organisasi itu. Nah, tidak hanya kementerian, daerah juga begitu,” tukas Saut

Dia menyatakan peranan APIP jadi perhatian agar pengawas internal percaya diri untuk berkoordinasi dengan KPK. Dengan demikian, kata dia jika ada temuan atau indikasi korupsi di institusi yang diawasinya, maka bisa langsung ditindak.

Untuk itulah, Saut ingin pengawas internal di berbagai daerah bisa seperti di KPK. Mereka diharapkan bisa menegur pimpinan jika memang melakukan sesuatu yang tak sesuai jalurnya.

“Secara keseluruhan KPK mempelajari seperti apa kita harus rekomendasikan aparat pengawas internal pemerintah yang kita harapkan posisinya seperti di KPK,” pungkas Saut.

Editor           : Estu Suryowati

Reporter      : Intan Piliang

SUMBER