Jokowi Minta ASEAN Terlibat Selesaikan Masalah Rakhine State

oleh -55 views

Merdeka.com – Presiden Joko Widodo menerima Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan pentingnya konsep kerja sama Indo-Pasifik terkait masalah Rakhine State. Hal itu dikatakan Jokowi lantaran Thailand juga sebagai ketua ASEAN.

“Mengenai masalah Rakhine state, Presiden menyampaikan sekali lagi bahwa pentingnya keterlibatan ASEAN dalam membantu Myanmar di dalam mempersiapkan repatriasi yang sukarela, damai, dan bermartabat,” kata Retno usai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakara Pusat, Rabu (13/3).

Dia menjelaskan hari ini terakhir dari misi pertemuan tim penilaian awal membicarakan bantuan kepada Myanmar terkait Rakhine State. “Jadi ASEAN sudah men-deploy preliminary team dari tgl 4-13 maret. Hari ini saya mendapatkan laporan dari lapangan sudah proses briefing di Myanmar,” kata Retno.

Hal tersebut kata dia masih terus fokus dilakukan dari hasil keputusan ASEAN Summit di Singapura pada November Lalu. Indonesia kata dia, secara inisiatif dan ditanggapi dengan negara ASEAN lain.

“Dan Myanmar juga membuka pintunya untuk ASEAN. Jadi mudah-mudahan deployment untuk meet assesment team akan dapat segera di lakukan,” kata Retno. [eko]

SUMBER