TKN Sebut Muchdi Pr Berpengaruh di Kalangan Anak Muda Muhammadiyah

oleh -24 views

Merdeka.com – Dukungan Mayjen (Pur) Muchdi PR pada calon presiden 2019 – 2024 Joko Widodo menuai kontroversi. Kalangan aktivis HAM menilai Muchdi belum selesai kasus hukumnya dalam kasus pembunuhan Munir. Salah satu parpol pendukung Jokowi yakni Partai Solidaritas Indonesia juga cemas dengan dukungan Muchdi PR.

“Jenderal Muchdi sudah pernah disidang dan keputusan hakimnya bebas murni. Pada 2014 sebenarnya pak Muchdi juga sudah mendukung Jokowi,” ujar anggota TKN, Ridlwan Habib di Jakarta (14/2). Saat 2014 Muchdi sudah menyatakan tidak mendukung junior sekaligus sahabat baiknya Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

“Pak Muchdi adalah guru besar pencak silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah, pernah juga memimpin Kepanduan Muhammadiyah, pengaruhnya sangat luas di kalangan anak muda Muhammadiyah,” ujar Ridlwan Habib.

Karena itu, dukungan Muchdi harus disikapi secara objektif dan terbuka. “Kehadiran pak Muchdi dalam acara 1000 jenderal dukung Jokowi menunjukkan beliau siap berkontribusi positif untuk pemenangan pak Jokowi,” katanya.

Jejaring anak muda Muhammadiyah dan perguruan pencak silat, menurut Ridlwan, adalah pemilih potensial yang jumlahnya jutaan. “Kita berharap bergabungnya pak Muchdi di barisan pendukung Jokowi – Amin semakin menebalkan kemenangan di atas dua digit pada pemilu 17 April nanti, ” ujarnya. [rhm]

SUMBER