2000 Personel Disiapkan Untuk Amankan Debat Capres Kedua

oleh -16 views

JAKARTA – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan pihaknya akan menyiapkan sebanyak 2.000 personel untuk mengamankan debat Capres pada Minggu (17/2/2019).

Debat Capres kedua ini mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup serta infrastruktur. Debat Capres kedua tersebut akam diadakan di The Sultan Hotel and Residence Jakarta, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

“Putaran dua yang ada di Hotel Sultan dari kepolisian menyiapkan 2.000 personel gabungan Polri, TNI dan Pemda (Pemerintah Daerah) di sana. Jadi pengamanan yang difokuskan di ring satu dari debat itu sendiri,” ujar Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, pada Kamis (14/2/2019).

Kalau pada debat pertama pengamanan dibagi menjadi empat ring, maka pada debat kedua hanya dibagi menjadi tiga ring saja. Khusus di ring pertama, kata Argo, pengamanan akan dilakukan oleh Paspampres.

“Nanti ada Paspampres di ring satu, ring dua nanti TNI Polri, dan ring tiga ada Polri untuk mengatur jalan keluar masuk kendaraan menuju Hotel Sultan,” imbuhnya.

Sementara itu untuk rekayasa lalu lintas, Argo menyebutkan kalau hal tersebut akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada saat penyelenggaran debat capres nanti. Sehingga ia belum dapat memastikan apakah akan ada pengalihan arus lalu lintas atau tidak.

“Dirlantas (Direktur Lalu Lintas) Polda Metro Jaya yang akan melakukan kegiatan itu dengan melihat kondisi, melihat jumlah kendaraan yang lewat. Tentu nanti akan melakukan diskresi dirlantas ini. Apakah nanti ada pengalihan arus atau buka tutup atau nanti melewati jalur busway itu nanti diskresi yang dilakukan Dirlantas Polda Metro Jaya,” jelasnya.

“Jadi masalah rekayasa lalu lintas kita tunggu hari H nya,” tandas Argo. (cw2/tri)

SUMBER