Kasus Bahar Bin Smith Akan Disidang di PN Bandung

oleh -7 views

JawaPos.com – Kasus dugaan penganiaya yang dilakukan oleh Habib Bahar Bin Smith kepada dua anak lelaki akan segera di sidangkan di Pengadilan Negeri Bandung. Hal sudah disetujui pihak Mahkamah Agung (MA).

Kasipenkum Kejati Jabar Abdul Muis Ali mengatakan berkas perkara dugaan penganiayaan pun segera dilimpahkan ke pengadilan. Berdasarkan keputusan yang tertuang dalam surat keputusan (SK) Ketua MA nomor : 24/KMA/SK/II/2019, Surat itu diterima Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibinong pada Senin (11/2) kemarin.

“Sudah kita terima pada hari senin. Isinya tentang penunjukan pengadilan negeri Bandung untuk memeriksa dan memutus perkara pidana atas nama terdakwa Habib Bahar bin Smith,” kata Abdul di Bandung, Selasa (12/2).

Dengan SK tersebut bahwa persidangan akan digelar di PN Bandung, maka jaksa akan segera melimpahkan berkas perkara tersebut ke PN Bandung. Sedangkan jadwal masih menunggu kepastian.

Untuk diketahui, pemindahan persidangan Bahar Bin Smith berawal dari pengajuan Kejari Cibinong ke MA. Dipindahkannya ke Bandung dengan alasan karena faktor keamanan dan lancarnya persidangan kasus tersebut.

“Alasan yuridis itu bisa. Alasan situasi dan keamanan demi lancarnya proses persidangan,” ujarnya.

Sebelumnya, Bahar Bin Smith telah ditahan di Polda Jabar dan dijerat pasal berlapis yakni pasal 170 ayat (2), pasal 351 ayat (2), pasal 333 ayat (2), dan pasal 80 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak.

Editor           : Bintang Pradewo

Reporter      : Siti Fatonah

SUMBER