Australia Beli Selusin Kapal Selam Baru dari Prancis

oleh -24 views

loading…

CANBERA – Pemerintah Australia telah menandatangani perjanjian dengan Grup Angkatan Laut Prancis untuk membangun 12 kapal selam kelas serangan senilai USD 35,5 miliar. Pembangunan kapal selam itu akan dilakukan di Australia.

“Hari ini adalah momen yang menentukan bagi Australia dengan penandatanganan resmi perjanjian USD 25.5 untuk membangun 12 kapal selam di Australia untuk Angkatan Laut,” kata Menteri Pertahanan Australia, Christopher Pyne.

“Perjanjian ini akan menciptakan sekitar 2.800 pekerjaan bagi warga Australia, sambil membantu melindungi negara kami dan menjaga warga Australia tetap aman,” sambungnya dalam sebuah pernyataan di akun Twitternya.

Menurut Kementerian Pertahanan Australia, seperti dilansir Sputnik pada Senin (11/2), kapal selam pertama yang akan dinamai HMAS Attack diperkirakan akan dikirim pada awal 2030.

“Kapal selam akan membantu melindungi keamanan dan kemakmuran Australia selama beberapa dekade mendatang dan juga memperdalam hubungan pertahanan antara Australia dan Prancis. Kapal selam kelas serangan adalah pilar utama dari Rencana Pembuatan Kapal Nasional senilai USD 90 miliar kami, yang akan melihat 54 kapal angkatan laut dibangun di Australia , untuk memenuhi persyaratan strategis yang ditetapkan dalam Buku Putih Pertahanan 2016 dan memberikan Angkatan Laut keunggulan yang dibutuhkannya di dunia yang tidak pasti,” kata kementerian itu.

Pada 2016, Prancis memenangkan tender untuk pembangunan 12 kapal selam generasi baru untuk Australia, mengalahkan Jepang dan Jerman. Menurut laporan media, kemenangan Prancis dapat berarti bahwa kapal selam Australia yang baru akan menjadi versi kapal selam kelas Barracuda dengan unit tenaga non-nuklir.

(esn)

SUMBER