Anggota TNI yang Gugur Saat Baku Tembak Dengan KKB Dievakuasi ke Makassar

oleh -376 views

Merdeka.com – Jenazah anggota TNI yang menjadi korban kontak senjata dengan KKB (kelompok kriminal bersenjata) di Yambi, Pratu Makamu dievakuasi ke Makassar untuk dimakamkan di kampung halamannya, Jumat (18/1).

“Sebelum diterbangkan ke Makassar, jenazah Pratu Mukamu dievakuasi dari Yambi ke Timika dengan menggunakan helikopter,” kata Kapendam XVII Cenderawasih Kol Inf Muhamad Aidi kepada Antara di Jayapura, Sabtu (19/1). Dikutip dari Antara.

Aidi mengatakan, korban meninggal akibat pendarahan yang dialaminya setelah tertembak di bagian paha.

Memang evakuasi tidak dapat langsung dilakukan karena cuaca buruk, sehingga sebelum berhasil dibawa ke Mulia untuk mendapat penanganan di RSUD Mulia, korban sudah meninggal.

Insiden yang dialami korban berawal saat anggota bersama rombongan dari Desa Mulya ke Yambi untuk membawa logistik, namun saat berada di sekitar longsoran, KKB melakukan penembakan dari ketinggian.

Sempat terjadi baku tembak sebelum KKB yang dipimpin Lekagak Telenggen lari ke hutan, ungkap Aidi seraya menambahkan, anggota tidak melakukan pengejaran, namun karena lokasi yang sulit menyebabkan anggota kembali dan melakukan penyelidikan disekitar lokasi tempat KKB menembak.

“Dari hasil penelusuran di TKP ditemukan dua magasin beserta isinya, tongkat komando dan dokumen TPN-OPM,” jelas Kol Inf Aidi. [cob]

SUMBER