Jadi Tersangka Pungli Rp 500 Juta, Sekretaris BPPKAD Gresik Ditahan

oleh -238 views

Merdeka.com – Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Gresik) menetapkan satu orang tersangka dalam kasus pungutan liar di kantor Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Pemkab Gresik, Senin (14/1).

Selain ditetapkan tersangka, Sekretaris Dinas BPPKAD, M Muktar juga langsung ditahan oleh Kejaksaan di Rutan Medaeng Sidoarjo.

Penetapan status tersangka dan penahanan pejabat BPPKAD ini dibenarkan Kasi Penkum Kejati Jatim Richard Marpaung. Ia menyatakan, setelah dilakukan pemeriksaan selama 1 x 24 jam, terkait dengan temuan uang senilai Rp 500 juta lebih dari brankasnya, ia pun ditetapkan tersangka.

“Hasil pemeriksaan, uang tersebut berasal dari pemotongan insentif pemungutan pajak daerah Pemkab Gresik. Dan itu tidak dapat dipertanggungjawabkan oleh yang bersangkutan. Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, tersangka langsung ditahan di Rutan Medaeng Sidoarjo,” ujarnya, Selasa (15/1).

Sebelumnya, tim dari kejaksaan menemukan uang di brankas sebesar Rp 537.152.339. kantor Dinas BPPKAD pemkab Gresik. Uang tersebut, dari keterangan para pegawai sementara ini, tidak dapat dipertanggungjawabkan. Selain uang, barang bukti yang turut diamankan adalah, catatan, flash disk dan dokumen.

Saat OTT berlangsung, petugas menangkap 13 orang. Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan, 12 orang yang berstatus saksi akhirnya dilepaskan Kejari Gresik. [cob]

SUMBER