JK Jadi Mentor Debat Pasangan Jokowi-Ma’ruf

oleh -249 views

TKN berikan pelatihan khusus ke Ma’ruf Amin untuk berdebat politik di muka umum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir, menyebut nama Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi salah satu mentor debat pilpres untuk pasangan calon tersebut. JK dipilih karena berpengalaman dalam mengatasi persoalan negara sekaligus pernah tiga kali mengikuti debat pilpres.

”Salah satunya kan Pak JK, salah satu yang sangat berpengalaman. Tentu masukan dari beliau banyak. Hal yang positif ketika figur seperti Pak JK bisa menjadi bagian dari tadi (mentor debat),” kata Erick usai melaporkan persiapan debat pilpres kepada Wapres Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat.

Tim khusus debat dari TKN telah mempersiapkan nama Jusuf Kalla sebagai salah satu mentor untuk Jokowi-Ma’ruf. Namun, Erick belum bersedia menyebutkan nama-nama mentor lainnya.

Terkait persiapan debat perdana yang akan diselenggarakan pada 17 Januari mendatang, Erick mengaku telah mendapatkan saran dan masukan dari Wapres Jusuf Kalla. Debat pilpres perdana akan mengusung tema hukum, hak asasi manusia, korupsi dan terorisme.

Sebagai rangkaian kampanye, debat pilpres akan berlangsung sebanyak lima kali. Dua kali untuk debat pasangan calon, dua kali debat calon presiden dan satu kali debat calon wakil presiden.

Menjelang debat perdana, TKN akan memberikan pelatihan khusus kepada cawapres Ma’ruf Amin untuk berdebat politik di muka umum. Tim akan lebih intensif melakukan persiapan kepada Ma’ruf Amin.

”Tim Persiapan Debat dengan Kiai Ma’ruf untuk membuat simulasi debat,” kata Direktur Program TKN Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Aria Bima, di lokasi Rakornas PDI Perjuangan, Jakarta, Jumat.

Menurut Aria Bima, Capres Joko Widodo telah memiliki banyak pengalaman di pemerintahan. Jokowi juga berpengalaman dalam debat baik di pilkada maupun pilpres tahun 2014. Sehingga, Tim Persiapan Debat akan lebih diintensifkan kepada Ma’ruf Amin untuk lebih memahami Nawa Cita II yang menjadi visi misi pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Kiai Ma’ruf adalah intelektual dan dosen. Karena itu, Aria yakin prosesnya akan berlangsung cepat untuk menyamakan visi misi soal Nawa Cita II. ”Tidak terlalu sulit menyinkronkan Kiai Ma’ruf  dan Pak Jokowi,” katanya.

SUMBER