Gerebek Pesta Sabu di 2 Lokasi, Polisi Bekuk Ketua RT dan Waria

oleh -436 views

Merdeka.com – Rusli Daeng Bonto (43), ketua RT 05, RW 02 di Jalan Kumala Selatan, Kelurahan Jongayya, Kecamatan Tamalate, Makassar ditangkap polisi, Kamis (10/1) malam saat baru saja selesai nyabu bersama seorang rekannya yang pengangguran, Hidayat Halim (32).

Keduanya ditangkap tim khusus Polrestabes Makassar. Barang bukti yang disita berupa pirex, alat isap dan saset plastik bekas yang diduga bekas narkoba.

“Sudah ada laporan sebelumnya kalau Pak RT ini terindikasi terlibat dalam penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Hasil dari pendalaman bahwa yang bersangkutan harus disentuh, dan benar saat digrebek dan digeledah ditemukan barang bukti yang berhubungan dengan narkoba,” kata Kepala Satuan Narkoba Polrestabes Makassar Kompol Diari Astetika kepada wartawan di Mapolrestabes, Jumat (11/1).

Keduanya dikenakan pasal 114 ayat 1 atau pasal 112 ayat 1 atau pasal 127 ayat 1 huruf a UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat 4 tahun, paling lama 20 tahun.

Rusli mengaku mulai kenal narkoba sejak tahun 2016 dari teman yang mengajaknya konsumsi narkoba.

Kata dia, meski sudah lama akrab dengan narkoba, tapi keluarganya tidak tahu. “Saya pakai narkoba biasanya di malam hari kalau istri dan anak-anak sudah tidur,” tutur Pak RT ini.

Di malam yang sama, polisi juga menangkap empat pelaku narkoba di Salon Abel, Jalan Abu Bakar Lambogo, Makassar.

Keempatnya Syamsul Mujur (39), Abubakar Sumadi alias Abel (39), seorang waria pemilik salon Akbar (27) dan Reski Lestari Maria (27) seorang pemandu lagu.

Mereka tertangkap saat tengah menikmati sabu. Kata Diari Astetika, barang bukti yang ditemukan berupa 1 saset sabu dan 1 set alat isap.

“Pasal yang dikenakan didukung barang bukti yang ada adalah pasal 114 ayat 1, pasal 112 ayat 1 UU RI No 35 tahun 2009 dengan ancaman pidana penjara paling singkat 5 tahun, paling lama 12 tahun, denda paling sedikit Rp 800 juta, paling banyak Rp 8 miliar,” ujarnya. [cob]

SUMBER