Bawaslu Jateng Bakal Awasi Aksi Alumni 212 di Solo

oleh -192 views

Merdeka.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng perketat pengawasan kegiatan tablig akbar alumni 212 yang akan diselenggarakan di Solo, Minggu (13/1). Nantinya apabila ditemukan tindakan kampanye, tidak segan-segan untuk menindak tegas.

“Jelas kita tindak tegas, izinnya murni kegiatan sosial kemasyarakatan bukan kampanye. Kalau kampanye harus pakai izin yang jelas. Yang pasti kita terjunkan Tim Gakumdu bersama instansi terkait untuk pengawasan,” kata Ketua Bawaslu Jateng Fajar Subkhi Abdul Kadir Arif di kantor Bawaslu, Semarang, Kamis (10/1).

Dia menyebut, tablig akbar sendiri akan dilaksanakan di kawasan Gladak, Solo dengan pemberitahuan telah diajukan oleh Persaudaraan Alumni 212 Solo Raya ke polisi dengan tembusan Bawaslu Jateng. Salah satu tujuan kegiatan adalah memutihkan Kota Solo. Maka dari itu kegiatan nantinya petugas terjun langsung untuk antisipasi pencegahan.

“Jadi jangan sampai ada sifatnya kampanye seperti orasi, penyebaran bahan kampanye, seruan, ajakan, mendukung atau tidak mendukung salah satu peserta Pemilu. Ini berlaku untuk kelompok apapun,” jelasnya.

Fajar juga sudah meminta pertimbangan Polri terkait salah satu acara tablig akbar, yakni dengan memberikan pembekalan relawan TPS.

“Kegiatan dukung mendukung itu bisa bermacam-macam. Bisa misalnya menyatakan dukungan ke salah satu peserta Pemilu, bisa menyiapkan fasilitasi ke peserta Pemilu tertentu, itu kami harapkan untuk diperbaiki, murni kegiatan sosial saja. Itu yang kami sarankan ke polisi,” kata Fajar. [cob]

SUMBER