Bakar Kalori di Kantor Ternyata Mudah, Begini Caranya – VIVA

oleh

VIVA – Padatnya aktivitas seringkali menjadi alasan tidak berolahraga. Padahal, meski disibukkan dengan rutinitas sehari-hari, sesungguhnya aktivitas fisik dapat dilakukan dengan mudah di rumah, di tempat kerja, maupun di tempat umum.

Contoh mudahnya adalah memilih menggunakan tangga daripada lift, serta mengikuti kegiatan senam di kantor. Tak hanya itu, berjalan santai juga bisa menjadi pilihan untuk membakar kalori di kantor.

“Untuk yang mau latihan perut (sit up) di kantor, caranya mudah tanpa harus tiduran. Cukup duduk di tepi kursi lalu bersandar, pegang sisi samping kursi, rapatkan kedua lutut, angkat,” ujar spesialis kedokteran olahraga, dr. Michael Triangto, SpKO, dalam temu media Ayo Indonesia Bergerak, Jumat 7 Desember 2018.

Untuk berlatih push up, Michael mengatakan, juga tak perlu melakukannya di lantai. Caranya, cukup dengan menahan tubuh di dinding, meja bahkan sofa, lalu lakukan gerakan push up sesuai kebutuhan.

“Ada juga yang ingin latihan pinggang atau back up. Caranya, duduk di kursi lalu taruh kedua tangan di belakang pinggang dan regang-bungkukkan punggung beberapa kali,” tuturnya.

Bahkan, untuk yang ingin melatih otot bisep di lengan bisa dengan mengangkat beban pada tas di tempat kerja. Michael menuturkan, melatih otot bisep bisa dilakukan sambil duduk maupun berdiri dan angkat beban secukupnya.

“Jadi tidak ada batasan harus berapa kali atau bebannya seberapa berat. Tergantung kebutuhan kita saja. Walaupun kalorinya kecil, tapi lebih baik ada yang terbakar kalorinya daripada tidak sama sekali,” ucap dia. (ldp)

SUMBER