Bebas dari Kebakaran Hutan, Kini Riau Siaga Darurat…

oleh

loading…

PEKANBARU – Pemerintah Provinsi (Pemrov) Riau menetapkan status tanggap darurat banjir dan longsor. Sebelumnya Riau berstatus siaga darurat kebakaran hutan dan lahan selam musim kemarau.

Penetapan status tanggap darurat banjir setelah dilakukan rapat kordinasi dengan sejumlah intansi seperti TNI, Polri, dan pemda tingkat II di Riau. Rapat kordinasi dipimpin Plt Gubernur Ria, Wan Thamrin Hasyim.

“Kita hari ini tetapkan status siaga darurat banjir,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Jumat, (30/11/2018).

Saat ini banjir sudah melanda sejumlah kabupaten dan kota di Riau. Daerah itu adalah Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Kuansing. Kabupaten Rohil, Kabupaten Rohul Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru. Dari sejumlah daerah itu empat daerah sudah berstatus tanggap darurat banjir yakni Kabupaten Indragiri Hulu, Kuansing, Rohil, dan Rohul.

Untuk longsor, daerah yang harus diwaspadai adalah Kabupaten Kuansing dan Kampar. Dua daerah ini menghubungkan dengan Provinsi Sumatera Barat.

“Untuk banjir saat ini sejumlah daerah sudah mulai surut,” imbuhnya.

Dengan penetapan status tanggap darurat, Pemrov Riau mencabut status tanggap kebakaran hutan dan lahan. Kebakaran Riau selama 2018 telah menghanguskan 5.776 hektar hutan dan lahan.

“Sudah tiga tahun ini kita bebas dari bencana kabut asap,” imbuhnya.

(rhs)

SUMBER