PSI Yakin Lingkungan Hidup Dikelola Milenial Mampu Antarkan RI ke Era Emas 2045

oleh -680 views

Merdeka.com – Pasangan Capres Cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin mendapat dukungan dari Poros Hijau Indonesia di Jambi. Deklarsi dukungan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding dan Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Bidang Lingkungan Hidup, Mikhail Gorbachev Dom.

Mikhail mengaku deklarasi tersebut terasa spesial sebab Poros Hijau Indonesia merupakan rumah besar bagi kelompok masyarakat yang memiliki perhatian pada tata kelola pembangunan berkelanjutan. Mereka yang tergabung dalam Poros Hijau Indonesia mempromosikan politik yang berwawasan lingkungan hidup (politik hijau).

“Menurut saya, ini sebuah kesadaran baru bagi para aktivis lingkungan yang selama ini sangat menghindari bersentuhan langsung dengan dunia politik. Masuknya aktivis lingkungan dalam dunia politik sebenarnya sejalan dengan perkembangan teori dalam Pembangunan Berkelanjutan yang saat ini lebih menekankan pada aspek kelembagaan, tata kelola dan kepemimpinan, yang kesemuanya itu di Indonesia sangat erat kaitannya dengan proses politik,” kata Mikhail di Jakarta, Sabtu (17/11).

Menurut dia, deklarator dan anggota Poros Hijau Indonesia Jambi kebanyakan adalah anak muda. Menurut dia, Hal itu yang paling penting, bahwa anak muda yang merupakan pewaris bumi Indonesia ini peduli terhadap lingkungan hidup dan turut serta dalam perumusan kebijakan lingkungan hidup.

“Dengan melakukan deklarasi ini Aktivis Lingkungan Muda sudah ambil bagian dalam usaha mengamankan warisan mereka, anak muda tidak boleh tinggal diam saat warisan mereka sedang dihambur hamburkan oleh para oknum lewat korupsi lingkungan hidup,” jelas dia.

Mikhail mengungkapkan, deklarasi tersebut spesial juga karena bertempat di Provinsi Jambi, yang terdapat 4 Taman Nasional yaitu Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Taman Nasional Bukit Dua Belas dan Taman Nasional Berbak Sembilang yang sarat dengan Konflik Agraria.

“Bagi masyarakat Jambi, masalah lingkungan hidup bukanlah masalah yang jauh, namun merupakan masalah yang sangat dekat dengan keseharian mereka. Karena itu dukungan dari Poros Hijau Indonesia Jambi adalah dukungan dari masyarakat yang sungguh terbantu oleh kebijakan dan kerja nyata Pak Jokowi di bidang Lingkungan Hidup,” ungkap dia.

Dia optimis modal lingkungan hidup (natura capita) Indonesia yang dikelola oleh para anak muda akan mampu mendukung Bonus Demografi yang sedang berlangsung dan dapat membawa Indonesia menuju Era Indonesia Emas 2045.

“Kebijakan Lingkungan Hidup yang telah dijalankan Pak Jokowi selama 4 tahun ini akan menjadi dasar dalam perbaikan tata kelola sumber daya alam Indonesia secara keseluruhan dan saya setuju dengan Poros Hijau Indonesia Jambi bahwa hal itu harus diteruskan,” tutur dia.

“Pak Jokowi telah menjadi harapan bagi Aktivis Lingkungan di Jambi akan perbaikan lingkungan hidup Provinsi Jambi yang nantinya akan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat Jambi yang kebanyakan berkerja di sektor Agraris,” tambah Mikhail.

Kebijakan Reforma Agraria yang berbentuk pembagian sertifikat tanah dan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dianggap sangat membantu masyarakat Jambi. Belum lagi kebijakan Moratorium Gambut, Sawit dan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang menambah daftar keberhasilan kerja nyata Pak Jokowi di bidang Lingkungan Hidup.

“Saya percaya bukan hanya Aktivis Lingkungan Jambi namun Aktivis Lingkungan di manapun di Indonesia setuju bahwa Pak Jokowi layak mendapat dukungan atas kinerjanya dalam menjaga lingkungan hidup dan sumber daya alam Indonesia,” ungkap dia. [ded]

SUMBER