Memudahkan Warga Jelajah Wisata Jabar, Ridwan Kamil Luncurkan Aplikasi Gurilaps

oleh -578 views

Merdeka.com – Pemprov Jawa Barat menargetkan kunjungan wisatawan per tahun sebanyak 70 juta jiwa. Agar target tercapai, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi Gurilaps untuk memudahkan masyarakat yang ingin berwisata di Jawa Barat.

Dalam aplikasi yang bisa diunduh di ponsel berbasis android dan IOS ini menyediakan informasi dan paket menuju tempat wisata unggulan. Sejauh ini, ada sekitar 25 tempat wisata alam yang tersedia. Namun, jumlahnya bisa bertambah seiring dengan waktu.

“Ya hari ini kita merilis inovasi bagian dari 100 hari saya. Pertama adalah menjadikan jawa barat menjadi provinsi yang pertama wisata terbaik. Kita juga meminta masyarakat proaktif megupload (potensi wisata) yang belum terekspos ke website baru namanya wonderfull west java dan akan masuk dalam aplikasi,” kata Ridwan Kamil usai meresmikan Gurilaps di Gedung Sate, Bandung, Sabtu (17/11/2018).

Konsep yang ditawarkan dari Gurilaps, Ridwan Kamil katakan lebih kepada wisata petualangan yang meliputi Gunung, udara, rimba, laut, pantai dan sungai. Pengguna aplikasi tinggal memilih lokasi dan jenis wisata yang ingin dikunjungi.

“Misalkan, di daerah sukabumi, pangandaran, atau di daerah Pangalengan kan ada rafting, pilih rafting yang sudah masuk di aplikasi itu, booking, bayar, setelah itu sudah tinggal datang tanpa harus telpon dulu. Nah dengan aplikasi ini yang masuk dipastikan sudah terakurasi,” terangnya.

“Pokoknya selama lima tahun (angka wisatawan) meningkat, 70 juta sampai 100 juta pertahun,” lanjutnya.

Pengembangan industri wisata diakuinya sebagai salah satu prioritas. Pasalnya, kebijakan ini diklaim bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah tempat wisata. Contohnya, warga punya opsi untuk membuka usaha toko, aksesoris, atau menyewakan tempat tinggal.

“Kami meyakini pariwisata adalah strategi paling jitu untuk jawa barat, kenapa? Karena ada tanahnya indah sekali. Maka tadi ada judulnya jangan panik perbanyak piknik, lupakan mantan mari pergi liburan,”terangnya.

Provinsi Jawa Barat dikenal sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia, dengan potensi kunjungan wisatawan nusantara sebanyak 2,68 juta dan wisatawan mancenegara sebanyak 41 juta orang, dan target kunjungan wisatawan sebanyak 71 juta orang.

Gurilaps.com sebagai penyedia marketplace jasa wisata diklaim memberikan kemudahan kepada wisatawan dalam memilih paket wisata di Jawa Barat yang cocok dengan menghadirkan keunggulan dalam bentuk kemudahan reservasi, ketersediaan paket wisata, harga terbaik, serta kenyamanan dan keamanan saat berwisata, karena didampingi oleh pendamping wisata berpengalaman. Semua paket wisata yang ditawarkan Gurilaps sudah dikurasi oleh Koperasi Wanadri dan juga dilindungi asuransi dari Jasa Raharja Putera.

Tersedia beragam pilihan paket wisata yang dapat dipilih. Misalnya, paket berwisata Menguak Misteri Kotak Pandora di Sukabumi, dengan harga Rp 215.000/pax untuk satu hari dalam jelajah gunung.

Wisatawan juga dapat memilih paket kehangatan rafting di Pangalengan dengan harga Rp 375.000 per orang selama 2 hari satu malam. Sebagai marketplace pariwisata, tersedia juga beragam paket wisata lain di Gurilaps, yang dapat disesuaikan dengan keinginan para wisatawan.

Gurilaps dikembangkan dan dikelola oleh PT. Jaswita Jabar untuk mempromosikan kekayaan dan eksotisme berbagai tujuan wisata yang ada di Jawa Barat, baik untuk wisatawan domestik maupun internasional. Menurut Direktur Utama PT Jaswita Jabar, Ade Dikdik Isnandar, peluncuran Gurilaps sejalan dengan keinginan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk menjadikan pariwisata sebagai lokomotif pembangunan di Jawa Barat.

“Melalui Gurilaps, kami menawarkan berbagai ragam kegiatan yang menyenangkan dan paket wisata petualangan untuk memberikan pilihan wisata di Jawa Barat kepada para wisatawan,” ungkap Ade.

Paket wisata yang ditawarkan Gurilaps, di antaranya adalah petualangan yang memacu adrenalin hingga wisata edukasi yang cocok untuk liburan keluarga yang menyenangkan sekaligus berwawasan.

“Gurilaps juga memiliki banyak pilihan paket kegiatan yang sangat unik dan mungkin belum pernah dirasakan berupaya kegiatan mengagumi langsung keindahan dari keragaman tempat pariwisata di Jawa Barat yang pastinya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan seumur hidup,” ungkap Ade saat peluncuran aplikasi Gurilaps di Gedung Sate, Sabtu, 17 Desember 2018.

Ditambahkannya, kehadiran Gurilaps dalam bentuk aplikasi, sebagai sebuah kebutuhan mengantisipasi pesatnya perkembangan bidang teknologi informasi. “Di saat beragam pelayanan jasa dan perdagangan sudah berlangsung secara online, tentunya PT Jaswita juga harus menyesuaikan yang kami respon dengan menghadirkan Gurilaps sebagai layanan smart tourism untuk para wisatawan yang akan berwisata di Jawa Barat,” jelasnya.

Selain menawarkan beragam dan pilihan wisata sesuai dengan fungsinya sebagai marketplace wisata, Gurilaps dijelaskan Ade juga menawarkan benefit lain dalam bentuk harga paket wisata yang terjangkau dan kenyamanan serta keamanan saat berwisata karena adanya pendampingan dari para pemandu wisata profesional.

“Gurilaps ingin mengajak agar kita semua melupakan panik dengan piknik,” jelas dia. [lia]

SUMBER