Dampak Brexit, FA Bakal Kurangi Jumlah Pemain Asing Liga Inggris

oleh -2.055 views

Liputan6.com, London – Dampak Brexit untuk sepak bola perlahan mulai terlihat. Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) berencana untuk mengurangi jumlah pemain asing dalam skuat klub Liga Inggris.

Hal ini sebagai upaya meningkatkan kuantitas pemain lokal Inggris. Sebab, banyak yang berpendapat pemain Inggris kurang mendapat kesempatan bermain di negeri sendiri.

Seperti dilansir Times, jumlah pemain asing di Liga Inggris rencananya dikurangi dari 17 menjadi 12 pemain. Bila terlaksana, sederet legiun asing mesti hijrah dari Inggris.

Proposal, yang akan diajukan ke klub pada minggu ini, bermakna bakal adanya perubahan signifikan pada sejumlah pihak. Sebanyak 13 klub memiliki lebih dari 12 pemain asing di tim utama mereka musim ini.

FA segera memberikan persetujuannya untuk mendukung peraturan pemerintah Inggris, biasanya dikeluarkan untuk pemain elite non-UE/ Zona Ekonomi Eropa untuk membantu pengembangan sepak bola di Inggris.

Selain itu perlu surat resmi izin kerja bagi setiap pemain asing yang mendapat kontrak dengan klub Liga Inggris. Jika klub gagal mencapai kesepakatan dengan FA tentang Brexit, mereka bisa menghadapi skenario ‘tidak ada kesepakatan’.

SUMBER