Tidak rela diputus cinta, mahasiswi ditemukan membusuk gantung diri di kosnya

oleh

BERKRIM SLEMAN – Diduga putus cinta, seorang mahasiswi cantik sebuah kampus  swasta di Yogyakarta bernama Yulia Ria Putri(26) warga Klaten nekat gantung diri di kamar kosnya di Dusun Karanggayam, Caturtunggal, Depok, Sleman, Minggu (11/11) siang. Diduga korban sudah tewas 3 hari sebelum jasadnya ditemukan. Sebelum bunuh diri, dia menuliskan secarik pesan yang berisi kekecewaan akibat putus cinta.

Kanit Reskrim Polsek Bulaksumur Iptu Tito Satria Perdana kepada wartawan, Senin (12/11) mengatakan, peristiwa itu bermula saat temen kos korban mencium bau menyengat dekat kamar korban pada Minggu siang. Curiga dengan bau itu, kemudian dia mengajak temannya mencari asal mula bau busuk tersebut.

Keduanya lantas mencari sumber bau tersebut di dalam lemari pendingin karena mengira berasal dari daging yang disimpan, namun tak kunjung ditemukan. Saat melintas di depan kamar korban, barulah saksi melihat sebuah kabel charger HP warna putih di atas ventilasi pintu kamar. Mereka kemudian mengintip kamar korban melalui jendela. Saat itu dia melihat korban yang hanya mengenakan tank top hitam dan celana dalam sudah menggantung dengan kabel charger putih yang diikatkan di atas pintu kamar, kondisi badannya sudah menghitam dan mengeluarkan bau busuk yang menyengat.

Melihat temuan tersebut, saksi kemudian lapor ke ketua RT setempat kemudian diteruskan ke Polsek Bulaksumur dan Polres Sleman. Mendapat laporan tersebut, petugas langsung mendatangi lokasi kejadian guna melakukan pemeriksaan terhadap tubuh korban.

“Dari hasil pemeriksaan, dipastikan korban meninggal karena bunuh diri. Diperkirakan dia menggantung sudah sejak tiga hari lalu,” kata Tito. Terdapat bangku jongkok untuk pijakan, selain itu di tubuh korban ditemukan tanda-tanda murni gantung diri akibat menahan sakit saat leher terjerat kabel seperti lidah yang menjulur panjang, mata melotot dan terdapat kotoran di celana dalamnya yang menetes ke lantai.

Selanjutnya jenazah korban dibawa ke rumah sakit Bhayangkara Polda DIY guna dilakukan autopsi. Menurut Tito, dari hasil pemriksaan di kamar korban, polisi menemukan pesan tulisan berisi kekecewaan karena putus dengan pacarnya. Menurut tetangga kosnya, korban sempat curhat bahwa ia sedang mengandung 2 bulan tetapi pacarnya tidak kunjung menikahkannya. Diduga hal itulah yang mendorong mahasiswi ini gantung diri.

Surat wasiat terakhir Yulia Putri kepada pacarnya

“Pesan yang ditulis pada selembar kertas itu berisi kekecewaannya karena putus dengan pacar. Temuan di lokasi kejadian dan keterangan saksi masih kita dalami,” Polisi juga mengamankan beberapa barang bukti yaitu charger beserta HP korban merk IPhone 6, pakaian korban, dan bangku, pungkasnya. (Shn)