Pemprov Jabar Siapkan Desain Revitalisasi Bantaran Kalimalang

oleh -355 views

Merdeka.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan desain revitalisasi bantaran saluran air Kalimalang di wilayah Bekasi, yang dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Ini sudah ada desain awalnya dan sudah didiskusikan bersama-sama dengan Pemerintah Kota Bekasi, karena pemkot memandang ini diperlukan masyarakat,” kata Asisten Daerah Bidang Perekonomian Jawa Barat Eddy Nasution seperti dilansir dari Antara, Minggu (11/11).

Dia menuturkan dengan adanya revitalisasi bantaran Kalimalang Bekasi tersebut maka Pemprov Jabar akan menata kawasan pinggir saluran seperti ada taman dengan pohon bunga dan pohon besar, serta bangku untuk duduk warga.

“Kita tata pinggir sungai, dikasih pohon dan tempat duduk. Dipastikan tidak akan ada didirikan bangunan permanen yang dibeton, karena ini revitalisasi bantaran sungai,” jelasnya.

Eddy menjelaskan revitalisasi bantaran Kalimalang ini hanya menata pinggir sungainya bukan saluran airnya. Kalau penataan dan pengelolaan saluran itu ada di bawah kewenangan Kementerian PUPR.

“Sampai saat ini kami belum bekerja (merevitalisasi Kalimalang). Kami akan mulai bekerja apabila sudah diberikan izin oleh kementerian,” ujar Eddy.

Dalam rencana revitalisasi bantaran Kalimalang tersebut, kata dia, Ridwan Kamil juga mengusulkan dibangun jembatan penghubung di belakang dua bangunan pusat perbelanjaan di Bekasi.

“Itu kan ada mal saling berhadapan di Kalimalang, jadi Pak Gubernur kalau diizinkan akan dibuat jembatan. Jadi dalam bayangan beliau, kalau ada mal itu bisa dinikmati halaman belakangnya dengan taman dengan dihubungkan melalui jembatan,” jelasnya.

Eddy menambahkan salah satu alasan digulirkannya revitalisasi bantaran Sungai Kalimalang di Bekasi oleh Gubernur Jabar ialah untuk meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat sekitar.

“Pak Gubernur berpikir, kemajuan sebuah wilayah itu itu bukan hanya dari segi ekonomi saja, tapi juga segi kebahagiaan masyarakatnya juga,” katanya.

“Selama ini, mungkin warga Bekasi akan bosan jika terus disuguhi dengan mal lagi, mal lagi. Sehingga jika revitalisasi bantaran Sungai Kalimalang ini berhasil direalisasikan, ini akan menjadi alternatif lain untuk warga Bekasi mencari hiburan atau kenyamanan, yang terkait indeks kebahagiaan mereka,” tutup Eddy. [fik]

SUMBER